Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillah di bulan suci tahun ini Ramadhan 1436 H menjadi Ramadhan pertama bagi tim Madena Tahfiz Quran dan menjadi tonggak bersejarah kami karena 4 hari sebelum tanggal 1 Ramadhan yang jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 atau tepatnya tanggal 14 Juni 2015 menjadi saat-saat pertama kalinya diadakan Wisuda Akbar di Madena Tahfiz Quran setelah baru 3 bulan terbentuk.

Selain itu Ramadhan kali ini juga menjadi istimewa karena pada tanggal 2 Ramadhan 1436 H yang lalu merupakan tanggal diadakan kegiatan Diklat Ramadhan Madena Tahfiz Quran untuk pertama kalinya. Tentunya setiap kegiatan yang ada di sini merupakan kegiatan spesial bagi tim MadenaTQ karena merupakan tahun pertama. Namun menjadi sebuah kebahagiaan dan spirit untuk terus berjuang ketika sadar bahwa walau di usia Madena yang masih baru 3 bulan namun sudah ada di 3 tempat dan ada wisuda akbar.

Kegiatan  Diklat Ramadhan MadenaTQ ini dikhususkan bagi para pelajar yang ada di jenjang SMA/SMK. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 hari dan tanpa adanya biaya pendaftaran. Materi yang disampaikan adalah tentang Do'a-do'a dalam Al-Quran. Materi ini dipilih karena sangat kental dengan makna dan dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari mengingat kegiatan ini berlangsung dalam waktu 10 hari saja.

Peserta Diklat Ramadhan MadenaTQ ini berjumlah sekitar 84 peserta yang datang dari berbagai sekolah setingkat SMA/SMK yang ada di Kota Tasikmalaya diantaranya SMAN 1 Tasikmalaya, SMAN 2 Tasikmalaya, SMKN 1 Tasikmalaya, SMAN 3 Tasikmalaya, SMAN 5 Tasikmalaya serta ada juga para santri yang merupakan pelajar kelas 3 SMP yang baru lulus dan belum tentu akan menjadi siswa di SMA/SMK mana.

Kegiatan Diklat Ramadhan ini menggunakan pendekatan yang menyenangkan karena tidak seperti antara guru dengan murid melainkan seperti dalam kelompok diskusi. Materi inti pun disajikan dalam 2 model setiap pertemuannya, yaitu secara klasikal berkelompok serta secara seperti kuliah umum. Berikut ini salah satu video dokumentasi saat para peserta sedang berkelompok dan dipandu oleh santriwan santriwati yang pada tanggal 14 Juni 2015 telah diwisuda akbar dan menjadi inspirasi.



Semoga kegiatan ini menjadi spirit baru bagi tim Madena Tahfiz Quran dan bagi para peserta Diklat Ramadhan untuk selanjutnya bisa tertarik untuk mengikuti kegiatan Tahfiz Quran. Aamiin
Axact

Mataqu

www.mataqu.or.id merupakan official blog dari kumpulan para penghapal Al-Quran yang kebanyakan berasal dari berbagai lapis masyarakat, yang berkeinginan kuat untuk mandiri dalam menghapal Al-Quran dan dibantu dalam lingkungan komunitas/keluarga/lingkungan penghapal Al-Quran.

Post A Comment:

0 comments: