Assalamu'alaikum wr. wb. 

Puji syukur hanyalah milik Allah, sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahcurahkan kepada nabi Muhammad Saw.

Sahabat mataqu, perjuangan di akhir jaman ini sungguh sangat berat, kita harus selalu waspada. Di jaman ini begitu banyak godaan yang datang dari luar dan dari dalam diri kita.

Manusia diciptakan dengan nafsu, yang jika nafsu itu tidak terkendali maka akan menjadi dorongan internal yang menyesatkan hidup kita. Begitu pun akhir jaman ini, tidak ada lagi Rasul yang bisa langsung kita tanyakan pendapatnya, yang bisa langsung membimbing kita saat terjadi perselisihan sesama muslim, namun ada 2 hal yang Rasululloh Saw tinggalkan sebagai pedoman untuk kita agar tidak tersesat di akhir jaman ini, yaitu Al-Quran dan As-Sunah.

Namun, ternyata dengan walaupun telah jelas penjelasan dalam 2 pedoman tersebut, masih saja ada yang mencari pembenaran dan bukan mencari kebenaran. Ketika Al-Quran mengakatan "Jangan meminum alkohol" maka semua setuju untuk tidak meminum alkohol, tetapi mengapa ketika Al-Quran mengatakan dalam surat Al-Maidah ayat 51 : "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim."

 ya, tapi mengapa ketika dalam Al-Quran dikatakan seperti itu, jangan menjadikan orang-orang Yahudi dan Nasroni sebagai pemimpin malah masih ada yang mencari pembenaran. Bukankah sudah jelas ayat itu? 

Maka, pilihan kitalah selanjutnya. Al-Maidah ayat 51 itu ditujukan untuk orang-orang yang beriman saja, sebagaimana dikatan dalam ayatnya langsung "Hai orang-orang yang beriman...", maka tidak kah kita ingin menjadi bagian dari orang yang diseru melalui ayat 51 dengan taat tanpa tapi, patuh tanpa nanti? Pilihannya ada di tangan masing-masing, karena yang mempertanggungjawabkan pun adalah diri kita masing-masing.

Semoga di akhir jaman ini, kita senantiasa mampu, dimampukan oleh Alloh untuk melawan gembosan nafsu dari dalam diri kita, dan gembosan dari luar diri kita. Aamiin ya Alloh.

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Axact

Mataqu

www.mataqu.or.id merupakan official blog dari kumpulan para penghapal Al-Quran yang kebanyakan berasal dari berbagai lapis masyarakat, yang berkeinginan kuat untuk mandiri dalam menghapal Al-Quran dan dibantu dalam lingkungan komunitas/keluarga/lingkungan penghapal Al-Quran.

Post A Comment:

0 comments: