Al-Quran merupakan sebuah petunjuk bagi seluruh umat manusia hingga hari kiamat. Bahkan saat ini bukan hanya orang islam saja yang mempelajarinya. Sering kita mendengar seseorang yang memeluk Islam setelah merasakan sendiri kemujizatan Al-Quran ini.

Seorang muslim setiap hari pasti akan membacakan ayat-ayat Al-Quran ini. Bahkan paling sedikit di dalam shalat wajib yang 5 waktu pasti akan dibacakan surat Al-Fatihah. Salah satu masalah yang banyak dialami oleh umat islam saat ini terutama di Indonesia adalah terbiasanya membaca surat pendek terutama juz 30 dengan kaidah yang belum sesuai dengan ilmu tajwid. Sehingga sangat dikhawatirkan jika tidak ada upaya perbaikan ini akan terus menjalar hingga ke generasi selanjutnya.

Mengingat permasalahan tersebut, alhamdulillah saat ini sudah berjalan kegiatan Tahsin Mingguan yang biasa dilaksanakan setiap hari Sabtu malam di masjid Al-Fauzan Perum Melati Mas Parhon Indihiang. Dengan diprakarsai oleh tim Madena Tahfidz dari Al-Fauzan ini, alhamdulillah kini anak-anak, muda-mudi dan orang tua di sana sudah menjadwalkan diri untuk senantiasa mengikuti kegiatan Tahsin Mingguan ini demi memperbaiki kualitas bacaan Al-Qurannya.

Mengapa Tahsin ini menjadi penting? Tentu saja karena ketika berkaitan dengan beramal shaleh dan beribadah maka 2 syaratnya harus terpenuhi, yaitu diiringi dengan niat yang ikhlas dan dilaksanakan sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasululloh SAW. Ada pun jika kita belum mampu membaca Al-Quran sesuai dengan yang diajarkan Rasululloh SAW maka bukan berarti tidak ada pahala untuk kita, malah menurut beberapa keterangan orang yang terbata-bata namun tetap membaca Al-Quran itu pahalanya akan lebih besar dari orang yang tidak terbata-bata, namun tentu timbul suatu kewajiban bagi mereka yang belum benar membaca Al-Qurannya. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk kembali memperbaiki bacaan Al-Quran ini dengan mengikuti kegiatan Tahsin tersebut.

Jika sahabat sekalian ingin mengikuti kajian Tahsin Al-Quran ini silahkan untuk menghadiri kegiatan tahsin bersama keluarga Madena di masjid Al-Fauzan setiap hari Sabtu setelah ba'da maghrib. 

Semoga upaya-upaya kita untuk menjadi penjaga wahyu (Al-Quran) ini senantiasa dimudahkan oleh Alloh SWT. Aamiin
Axact

Mataqu

www.mataqu.or.id merupakan official blog dari kumpulan para penghapal Al-Quran yang kebanyakan berasal dari berbagai lapis masyarakat, yang berkeinginan kuat untuk mandiri dalam menghapal Al-Quran dan dibantu dalam lingkungan komunitas/keluarga/lingkungan penghapal Al-Quran.

Post A Comment:

0 comments: